WWL.. Easy to say, hard to do…

Angga… Mama nulis ini pas Angga lg asyik maen sm kakek dan bik cik yang baru dateng tadi pagi dari Palembang.. Angga, mama nulis ini sambil nangis, berat sekali sayang ngelakuin ini. Iya, menyapih Angga. Mama akan selalu merindukan saat2 angga narik2 baju mama sambil bilang “Mamik mamik!”.. Mama akan selalu merindukan saat2 dimana angga menyerudukan kepala ke mama.. Huaaaaa angga… Mama sedih.. Tapi mama harus ngelakuin ini.. Angga udah gede, udah 2thn lebih.. Saatnya angga lebih banyak maem dan minum susunya.. Maapin mama ya sayang.. Mama akan selalu sayang angga…

Advertisements

Kamus Bahasa Angga

Tuk : truk
Kita : kereta
Car : mobil (keren ya dah bisa ngomong inggris hahaha)
Tuta : bis kota
Dung : gendong
Tuyun : turun
Pawa : kepala
Kagik : kaget
Numas : Thomas
Persi : Spencer (ada juga sih temennya Thomas yg namanya Percy tp Angga lom kenal :D)
Gibed : angry birds
Tuti : roti
Kui : kue
Cukat : coklat
Eskim : es krim
Jeyuk : jeruk
Misi : permisi
Horii : horee
Bak Ir : Mbak Ir (si mbak)
de el el diterusin kl udah inget lg..

Sebenernya Angga ini ada bakat pendiem kyk papanya sih. Dengerin dia ngomong itu.. sesuatu… kl kt Syahrini. Dia lebih suka jadi pengamat, dengan gaya serius kyk orang dewasa mikir. Makin kesini Alhamdulillah kosakatanya udah nambah banyak, gak susah bagi kami untuk menterjemahkan keinginannya. Yaaa meski akhir2 ini Angga itu ngalemnya makin menjadi2. Kalo keinginan gak dituruti mulai ngeluarin jurus mautnya which is jerit2 dgn suara melengkingnya. Pernah sih kami cuekin sampe dianya bosen sendiri, etapi kok kesian, suaranya sampe serak, akhirnya ya udahlah diikutin deh maunya, selama gak aneh2.

Pernah suatu malem, Angga tiba2 bangun trus megangin kaki kirinya sambil bilang “kagek.. kagek.. “. Kaget dunk kami, apalagi kakinya barusan sembuh dari jatoh kemaren. Cuma “what is kagek?!!”. Angga udah bisa ngomong sakit jd harusnya kalo sakit he must prounounce it well. So, what the hell kagek means? We couldn’t understand it. Sampe si mbaknya, yg biasanya ngerti istilah-istilahnya Angga, juga ikutan bingung. Jadilah malem itu serumah2 bingung, mana Angga teriaknya makin kenceng, sebel kali ya dia krn gak ada yg ngerti maksudnya. Kakinya udah dielus2 cuma kok teriak bin nangisnya makin kenceng. Bingung!. Sampe bbrp hari kemudian Angga sambil ntn Pocoyo sambil garuk2 lehernya sambil bilang kagek kagek.. whoalaaa.. kagek = gatel.. Duh nak, ada juga kl bahasa Palembang sono, kagek = later.. *makin gemes sm Angga*

Couple weeks ago, Angga selalu menambahkan akhiran ‘lah’ pada setiap kata2nya. Semisal duduklah.. mamalah.. sapulah.. lengkap dengan logat melayu-nya. Lucu banget dengernya. Sampe saya sm suami mikir, Angga apa ketularan Upin-Ipin ya hahaha… Tapi kemudian kami sadar, kl sebenernya Angga tuh gak niru Upin Ipin secara dia tuh jarang banget nonton itu. Trus darimana dunk….??!!
Percakapan 1:
Papa : “Ma, kira2 kl dibeliin baju dapet berapa ya?”
Mama : “dua lah, bla bla bla….”
Percakapan 2:
Mama : “Pa, mending lewat pemuda deh drpd jatinegara
Papa : “ya iya lah..

Errrrrr…ok, now we’ve found the ANSWER! *nyengir kuda*

Angga and his friends

semoga yang dibahas bukan ciyus?! cungguh? miapa?..

Wanna share? Ask Angga first, please…

Minggu pagi itu kami pergi ke Carrefour. Angga, seperti biasa, semangat dan lonjak-lonjak kegirangan karena bisa lari2 di pelataran plaza dan mengukur eskalatornya dengan terkagum2 (dia heran sm kakinya yg gak gerak2 tp kok jalan hehehe). Karena terhitung msh pagi, trolley yang dipake bukan trolley biasa dunk. Dipilihlah trolley yg ada mobilnya, sebut saja trolley-mobil. Biasanya kl udah agak siangan dikit, nih trolley udah gak nongol lagi alias udah dipake sm org laen yg kebetulan msh punya balita kyk Angga ini.

Singkat cerita belanjalah kami menggunakan trolley-mobil. Angga seneng banget secara dia bisa berpura2 jd sopir meskipun setirnya udah gak ada lg. Ngeng ngeng ngeng… tiap liat ada barang yg menarik, Angga otomatis keluar, ngambil barang, masukin ke baki trus masuk mobil lg.. begitu seterusnya. Yaa mama sih gak kalah akal, begitu Angga udah masuk mobil lg, barang2 yg dia ambil tadi mama taro lagi ke rak2nya hahahaha.. Lha mosok sampe susu L-men dan sejenisnya dibeli juga…

Tibalah gilirannya untuk membayar. Barang2 udah dikeluarin dari trolley-mobil dan Anggapun saya dorong keluar. Sambil nunggu papa mbayar, Angga saya ajak muter2 (tetep dgn trolley-mobilnya). Satu puteran kelar dan dia tiba2 keluar dan berlari. Saya kejar dan bawa lagi ke trolley-mobil. Eh Angga lari lg. Naga2nya sih udah bosen sm si trolley-mobil. Yo wis sambil megangin Angga supaya gak kemana2, si trolley-mobil yg lagi dideketin sm sepasang ibu dan anak balitanya rencananya mau saya relain. Tadinya sih udah mau dibawa sm si ibu dan anaknya. Eeeh Angga yg tadinya mau lari2 (lagi), tiba2 nyelonong masuk kembali ke dalam trolley-mobil. Bengong deh tuh ibu sm anak yg mau make. Yaa mama sih cuma nyengir2 sambil minta maap *jitak Angga!*

Papa udah selesai mbayar. Seperti biasa kami ke konter informasi dl, hehe nuker struk sm karcis parkir, lumayan dapet free sejam hehehe.. Sekali lg, Angga tiba2 keluar dari trolley-mobil daaann lari ke trolley yg biasa (yg gak ada mobilnya). Minta diangkat masuk ke salah satu trolley biasa tadi. Ya udah, mama sih ngirain, kali ini beneran Angga udah bosen sm trolley-mobilnya. Dilala ada sepasang ibu dan anak lain lg yg ndeketi dan mau minjem trolley-mobil Angga. Karena gak tega dan ngerasa Angga udah bosen, mama kasih dah tuh trolley-mobil ke si ibu laen itu. Mama pindahin barang2nya ke trolley biasa yg udah ada Angganya.

Daaaannn apa yg terjadi sodara2.. Angga NGAMUK! Iya, dia nangis jerit2, marah karena ngeliat trolley-mobilnya dipake sm anak lain. Dia benar2 marah! Sampe rempong mama handle Angga yg sepertinya ngerahin segala tenaga buat ngedapetin mobil-trolley nya lagi. Yah gmn ya, mama mau ambil kembali kok gak enak krn tuh trolley-mobil udah didudukin sm anak lain. Mama udah bisikin kl Angga harus belajar berbagi krn itu memang bukan barang milik Angga tapi apa daya, Angga sepertinya gak mau terima, he wants his trolley back!. Aduuhh.. akhirnya mama gotong Angga dengan sekuat tenaga. Karena capek, mama turunin Angga yg lg crancky gak jelas. Dan dia pun sukses guling2 di lantai mall sambil ngusirin mama yg mau deket2 nggendong dia balik. Huhuhuhuhu Angga, nanti mama beliin deh mobil2an yg bs jalan tp jgn nangis jejeritan gt dunk. Akhirnya berhasil gendong Angga masuk ke mobil, sampe rumah dia lgs tidur kecapekan. Huh, pengalaman deh, gak lagi ngasi mainan Angga ke org lain dgn sepengetahuan dia. Mikir tentang berbaginya nanti aja, nunggu Angga udah ngerti.

Kalo yg ini guling2 pas di GI. Ceritanya gak mau diajak pulang. Cuma yang di C4 lebih hilarious.

Trolley-mobil yg jd rebutan.

Jes e jes e jes tut tut……

 

Yippie yippiee yay yay! Anak mama yg ganteng bin pinter udah sembuh kakinya. Pas rontgen yang kedua kalinya kt pak dokter retaknya udah ilang. Yg lucu papa msh gak percaya dan mlototin hasil rontgennya, biar pasti gitcu, dokternya sampe terkekeh2 ngeliat aksinya papa. Yo wis, yg penting anak mama udah bisa jalan lg, meski belum berani lari2 (msh trauma kyknya).

Minggu kmrn mama disuruh training ke Bandung. Pusing deh, secara pemberitahuannya mendadak. Yg bikin pusing lg apalagi kl bukan ninggalin Angga. Memang sih ini bukan pertama kalinya ninggalin Angga keluar kota tapi semenjak jatoh kmrn, Angga jd gampang banget cranky nyariin mama. Jd kembali ke masa Angga pas umur 6 bulan. Kemana2 harus sama mama. Mama ke kamar mandi aja dicariin. Mama sholat diciumin. Mama siap2 ke kantor diteriakin dung dung mama (minta digendong). Sebenernya bbrp hari sebelumnya mama kondangan ke Lampung. PP satu hari, berangkat pagi pulang sore. Dilala seharian Angga nangis nyariin mama, sampe suaranya serak, duh nak pdhl di rumah kan ada papa sama Lek Ir. Mama jd nyesel ninggalin Angga ke Lampung.

Jadilah kali ini mama bertekad bawa Angga ikut mama training ke Bandung. Papa tadinya gak setuju, takut Angga malah cranky di kereta. Ya sedikit berdebat tapi akhirnya papa kasi ijin. Btw knp gak naik travel aja? Yaaa papa ‘lil bit overworried kl urusan yg ginian, ktnya driver travel itu suka ngebut, oke deh!. Eniwei busway, berangkat la mama, Angga, dan Mbak Ir naik taksi ke Stasiun Jatinegara. Rencana mau naek Argo Parahiyangan yg jam 8.30. Eh begitu udah nyampe stasiun, si mbak kelupaan bawa KTP. *tepok jidat!*. Mana udah jam 8.15. Mana keburu, huh! Akhirnya kita balik lagi ke rumah dan naek kereta yg berikutnya, 11.30.

Dinas sendiri sm bawa anak ternyata beda banget. Gak enaknya krn bawaan jd rempong. Segala macem mainan, perlengkapan makan, botol susu, baju ganti, bisa berapa kalinya bawaan mama. Untung ada jasa pak porter. Aman deh hihihi.. Enaknya, mama bisa deket terus sm ganteng mama. Plus, ngeliat how amazed nya Angga sama yg namanya kereta. Gak pake nangis sm sekali. Keren anak mama!. 2,5 jam di kereta Angga anteng, maen mobil2an sm tidur di pangkuan mama.

Di taksi yg nganter kita dari stasiun Bandung ke hotel, Angga suddenly crancky. Nangis jejeritan entah apa maunya. Dikasi susu gak mau, dikasi liat Tayo sm Chuggington jg gak mau. Sampe selonjoran di bawah kursi. Mana jalanan lg macet. Mama jd gak enak sm pak supir. Akhirnya mama minta distop sebentar di minimarket yg terdekat, sapa tau kl diajak kesana Angga jd anteng. Eh bener, di bawa ke indomaret, Angga lgs diem, sambil digendong sambil minum teh botol sambil tangannya nunjuk2 barang di sana. Whoalaa bosen di jalan rupanya.. *lap keringet*

Mama trainingnya di hotel yg sama dgn tempat nginep. Jadi kl pas break atau maksi, mama maen ke kamar. And it’s so fun!. Bisa deket2 sm Angga pas hari kerja. Paginya malah bs ngajak Angga jalan2 dulu keliling hotel. Ngeliat ikan koi dan jalan2 di pinggir kolam renang. Malah bisa ngajak Angga jalan2 ke Kampung Daun yang ada di Cihideung. Trully it was so fun! Kosakatanya jd nambah banyak, malu2nya jd berkurang krn ketemu sama banyak orang, keliatan lebih hepi dari sebelumnya, dan banyak lagi. Yg sedih papa yg ditinggal sendirian di rumah jd nelangsa krn sm sekali gak dicariin sm Angga hahaha… *puk2 papa*.. Karena perjalanan pertama Angga keluar kota berjalan dgn sukses, mama jd niat ngerencanain liburan b3 sm Angga dan papa.. Bali, maybe?

Pondok Kelapa-Banana Inn-Cihideung.. Angga’s first experiences.. Thanks God he enjoyed it so much..

 

Cerita Angga dan Lebaran 2012

Entah ada angin apa tau2 satu hari sebelum lebaran kami mendapat musibah. Iya, musibah yg bikin saya sm suami jd miris menyayat hati. Angga yg sedang bermain sm papanya tiba-tiba kepleset selebaran kertas yg jd licin krn kedua sisinya sebelumnya udah dikrayon sm dia. Mungkin kl di saat itu gak ada tali rapia yg satu hari sebelumnya dililitin si papa ke mobil truk kayunya Angga, jatohnya Angga akan menjadi hal yg biasa. Tapiiiii krn ada si tali itu, kaki angga jd kelilit dan kaki kirinya ketarik ke belakang sehingga jatohnya sukses bikin dia teriak2 kesakitan!. Duh!

Tadinya saya (yg sedang sibuk memasak sm si mbak) dan suami ngirain kl ini jatoh biasa. Yaaaa secara Angga udah sering jatoh tp dianya gak kenapa2. Nangis bentar trus cengar-cengir lg. Tapi untuk kali ini enggak. Dia jd lemes, kakinya kl digerakin jd gemetar (mgkn krn nahan sakit), rewel. Sorenya kami mengajak Angga ke Toko Venus yg di depan komplek. Biasanya Angga suka sekali kesana krn bisa ngobrak-ngabrik barang di rak toko. Selagi mama belanja,  Angga diberdiriin sm papa di rak toko. Karena mgkn msh sakit. Angga lgs nangis2 sambil gemetaran kakinya. Ya udah deh lgs digendong papa lg trus kita balik pulang ke rumah.

Pas lebaran hari pertama sm kedua, Angga cuma bs duduk. Kadang di stroller, kadang di depan tivi, kadang di kasur. Mama sm papa yg ngeliatnya jd sedih. Libur panjang kyk gini harusnya dipake buat jalan2 sm Angga hiks hiks hiks. Yang kami msh bersyukur adalah, gak ada pembengkakan. Baca2 di gugel salah satu ciri patah tulang adalah pembengkakan. Jadinya tiap malem mama kompres deh kakinya Angga pake air anget (sooner mama will know kl harusnya pake air dingin bukan sebaliknya :D). Trus pas kejadian itu, papa msh sempet megangin punggungnya Angga jd kepalanya gak ikutan nyium lantai. Alhamdulillah.

Akhirnya pas lebaran hari ke3, Angga kami bawa ke RS Bunda. Karena msh pagi dan dsa yg praktek itu sore, saya putusin buat ke UGD supaya Angga segera dirujuk buat dirontgen. Kayaknya Angga terlahir buat musuhan sm dokter yah (ato yg berbaju putih gtla), mulai dari UGD sampe ruangan rontgen, dia crancky. Selalu ngajak buat keluar ruangan, deuh. Apalagi pas dirontgen, nangis2 jejeritan sambil meronta2 *lap keringet*. Akhirnya, sambil nunggu hasil rontgen keluar, Angga mimik sm mama di ruangan UGD trus tertidur. Sayup2 mama denger dari bilik ruangan, hasil rontgennya udah datang. Ya Allah mudah2an anak mama ini gak kenapa2. Dibacain sm dokternya:

errrr…. Ada sedikit retakan di kaki kirinya

Gluk! Mama lgs sedih. Kebayang waktu maksain Angga buat berdiri couple days ago. Papa lanjut nanya. “maksudnya dok? Anak saya bisa sembuh kan?”. Dokter Yolanda nya lgs nenangin papa. “ooo gpp Pak, kl anak kecil gampang sembuhnya.. buat pastinya Bapak saya rujuk ke dokter spesialis orthopedi aja ya.. tapi perkiraan saya sih paling sm dokternya dikasi semacem plester atau perban gitu buat mempercepat penyembuhan”. Fiuuuhh agak sedikit lega sih denger penjelasan si dokter. Semoga ini tidak separah yang kami bayangin.

Ok, besoknya sambil bawa hasil rontgen kemaren, Angga diketemuin sm dr. Syafrinal, yg spesialis orthopedi RS Bunda. Dokternya msh muda dan baik. Pas tau kl Angga cranky tiap liat jas putih, sm si dokter jasnya dilepas. Trus dokternya ngeliat hasil rontgen. Intinya dia nyaranin kl Angga sebaiknya digips selama kurleb 9 minggu!. Dan supaya proses gipsnya sukses, Angga sebaiknya dibius. Heh?! Is that so serious? Papa lgs pusing tujuh keliling mbayangin si kecil yg harus dibius. Mama sih tenang2 aja toh memang itu prosedurnya. Cuma ya kok lama bener digipsnya. Mbayangin Angga yg harus duduk manis krn kakinya disemen selama 9 minggu. Oh no! Secara Angga itu aktif banget. Disuruh diem mana mau, kl marah meski kakinya yg sakit gak ikutan dibanting tp kaki satunya tetep dibanting2. Begitu kakinya udah ga nyeri lagi, dia akan ngesot atau merangkak untuk ngambil barang yg dia pengeni. Lha kl kakinya digips piye? Satu hari aja horror apalagi berminggu2!*mama kliyengan*. OK, sambil keluar bawa Angga yg cranckynya kumat lg, mama sama papa ngobrol dl. Akhirnya kt mutusin buat cari second opinion. Who knows ada alternatif yg lebih ringan dibanding ini. Dr. Syafrinal nya udah wanti2 supaya Angga jgn dibawa ke tukang urut/pijet, malah jd gak sembuh nanti. Siap pak dokter!.

Lanjut, besoknya mama sm papa bawa Angga ke RS Siaga Raya yg di Pejaten. Tadinya sempet confused milih antara RS Jakarta atau RS Siaga Raya secara name list dokter ortopedinya sama. Mama sih tetep berkeyakinan ke RS Siaga Raya (bekal baca blog sm milis hihihi). Sampe disana Angga dijadwalin ketemu sm dr. Indradi Roeshero. Wow dokternya tnyt senior sekali, kakek2. Tambah seneng deh mama secara nih dokter pasti udah pengalaman banget. Dan bener, ngeliat hasil rontgennya Angga, pak dokter hanya masangin perban sepanjang betis sampe mata kaki daaaannn selama 5 hari doang hurrayyyy *mama joget2*. 2 minggu lagi disuruh rontgen trus hasilnya dikasi ke beliau lg. Dokternya sih pesen, Angga kl bisa jgn gerak2 dulu, ngesot atau merangkak pun gak usah. Yaela kl itu mama gak jamin deh. Angga gitu loh, dilarang makin jadi, huh!.

Anyway, mama papa gak sabar ngelepas nih perban secara Angga gak suka banget kakinya dililit2. Hari pertama ditarik2la tuh perban sampe papa terpaksa ngomong agak keras sm Angga. Lha kl sampe lepas beneran kan repot, mosok balik lg ke RS. Besok2nya udah gak ditarik lg sih, tp dasar Angga miong-miong.. perbannya pun jd sasaran krayon bhuahahahaha!

Nanti diupdate lg deh kl udah rontgen lg. Semoga hasilnya memuaskan. Cepet sembuh ya sayang mama yg pinter. Next time mama sm papa juga mbak Ir harus jagain Angga bener, gak boleh meleng. Oh iya ternyata baru ngeh kl klinik orthopedi yang di RS Jakarta itu didiriin sm dokter2 spesialis orthopedi nya RS Siaga Raya. No wonder name list dokternya sama 🙂

2 hari sebelumnya msh wara-wiri di taman GKBI

 

Now look at him now.. GWS my Pringgadani!

 

Angga 20 months

Angga… Angga.. my lovely baby..

So much story to tell about your excellent growth.. Everyworkday, mama and papa cant hardly wait to go home;  wanna see your smile.. wanna hear your voice.. wanna show you another games from the tab.. wanna play, sing, and dance with you.. wanna hunt the mosquites at the bed.. and so many other things we’re used to do together.

Angga, sejak sekolah 6 bln yg lalu sudah banyak perubahannya. Sekarang sedang rajin2nya nyoret apa aja pake krayon. Mulai dari garasi, kamar, sprei, kulkas, playmat, maenan, kamar mandi, sampe ke galaxy tab nya papa *tepok jidat!*. Dilarang? Nope, dibiarin aja. Pokoknya saya sama suami berprinsip, selama gak nyakitin Angga, go ahead!. Peduli amat sm dinding rumah yg udah gak bisa dibedain lg antara cat ato coretan cakar ayamnya si ganteng.. peduli amat sm tab nya papa yg kegores2 krn sukses dikerok Angga pake entah barang apa.. intinya suka2 Angga aja *mbayangin ekspresi papa wkt ngeliat tabnya udah coreng-moreng hihihihi

Angga juga udah mulai banyak kosakatanya. He looks like a burung beo!. Kdg mama ato papanya lg ngomong sesuatu dia niruin. Gak cuma mama papanya malah. Pernah suatu pagi diajak papa naik sepeda sampe ke komplek sebelah.  Di jalan ada abang tahu yang teriak “tahu… tahu”… eeee anak mama yg pinter ini lgs ngeluarin suara merdunya, gak mau kalah sm si abang tahu “tauuu tauuu..”.. Papa yg tadinya tengsin jd kembang kempis deh idungnya krn ibu2 komplek jd senyum2 sambil ngomentarin.. “iiih anaknya pinter ya, msh kecil udah bs ngomong

The Next Usain Bolt maybe?

Already 1,5 years old.. yippiiee!

Hi! long time no post about my cutest baby, Angga. He’s already been 1.5 years old now…

Perkembangan Angga:

1. Angga udah bisa lari-lari. Sekalinya lari pas ngantuk lgs mak jleb! Nyium lantai! Nangis sih jejeritan, tp hbs itu cengar-cengir lagi, bocah.. bocah.. *geleng2

2. Udah sekolah.. Simpiriliiii…!!!. Sengaja saya ikutin ke PAUD deket rumah supaya dia gak kesepian kl di rumah, secara cuma b2 sm si mbak. Sekolahnya tiap selasa sama jum’at, jam 8 sampe jam 10. Saya sudah pesen ke si mbak sm gurunya, Angga sekolahnya jgn dianggep seriusan, masih anak2 ini, biar dia kl gak mau nulis ato ngikutin instruksi gurunya ya gpp. Dan memang sih, anak seumur Angga blm ngerti apa2. Disuruh ikut senam, yg ada jagoan ganteng mama malah ngejer2 ayam di blkg sekolah.. disuruh gambar di kertas malah ngider2 di kelas sambil dorong2 gerobak maenan.. *tepok jidat*. But, dibalik semuanya, i’m so proud of my little boy, why? pertama, tiap mau sekolah, Angga semangat banget, pdhl udah 3 bulan ini sekolahnya. Tadinya sempet khawatir dia akan bosenan, tnyt enggak sama sekali. Kedua, krn rajin dan semangat td, anaknya tetangga yg tdnya blm sekolah malah jd ikutan krn ngeliat Angga tiap selasa dan juma’t lewat di depan rmhnya, so Angga is such an inspirator 🙂

3. Angga udah bisa ngomong. Memang sih kosakatanya gak banyak, tp Angga udah bs bilang papaaa.. mamaaa.. ituuu.. betul betul betul kyk upin ipin.. mobil…

4. Udah ngerti banyak kl diajak ngobrol. Pernah suatu kali papanya lg manjat pohon belimbing krn ada tetanggaa yg ngidam belimbing. Papa bilang: “maa cariin tongkat dunk, ini gak nyampe pake tangan..” And guess what, Angga sekonyong-konyong lgs ngambil sapu yg ada di dekat pintu buat dikasi ke papanya! wow! imajinatif sekali anakku! *proud mommy*

thingking.. ayam2nya kemana yaa?

oooohhh aku udah bisa nggambar di papan tulis maa.. *pdhl aslinya ngerecokin pensil warnanya bu guru*