Angga 6 Bulan

Terinspirasi dari komennya temen saya, Aldi.

Alohaa! Tgl 24 Mei kemaren anakku Angga pas 6 bulan. Alhamdulillah udah lulus ASIX yg pertama. Ga kebayang rasa hepi yg saya rasakan, rasa seorang ibu yg bangga krn udah ngasi yg terbaik buat anak kesayangannya. Memang saya tau ga semua ibu2 di dunia ini punya kesempatan yg sama dgn saya, bisa memberi full ASI krn keterbatasan ASI yg mrk miliki. Saya, Alhamdulillah diberkahi oleh ASI yg cukup untuk diminum Angga selama 6 bulan, fully without any addition baby milk or food.

Perkembangan Angga selama 6 bulan ini bener2 happening, amazing. Ibu saya aja sampe terheran-heran krn sampe skrg Angga blm pernah demam, panas, batuk, ato pilek. Ibu saya bercerita kl bayi setiap ada kebisaan, biasanya demam, at least sebulan sekali. Entah jaman dulu sayanya yg penyakitan atau gimana tp yg pasti saya sangat bersyukur sekali. Angga, you make mommy and daddy proud!.

MPASI pertama Angga sengaja saya majuin ke tgl 21 Mei krn pas dia genap 6 bulan which is tgl 24 Mei itu adalah hari selasa. Tentu saja saya kepingin maem pertamanya Angga ini saya sendiri yg nyuapin dan suami jg ngeliat. Sebulan sebelumnya saya udah brosing2 dan gabung di milis MPASIRumahan. Dari sana saya menyusun daftar menunya Angga selama sebulan. Selain itu seminggu sebelumnya saya ke toko bayi buat beli perlengkapan maemnya Angga. Saya pernah baca kl bayi suka sekali sm warna-warna, so alat maemnya Angga saya pilihin yg colourful. Waktu itu saya dan suami blm mbeliin Angga kursi makan khusus bayi krn belum sempet cari referensi di internet dan krn bouncer Fisher Price nya masih bisa dipake dulu, toh Angga duduknya juga belum terlalu tegap.

Saya sempet bingung, mo ngenalin Angga apa dulu ya, buah2an dulu kah, sayur2an dulu kah, ato serelia dulu. Dr Tiwi, dokternya Angga, nyaranin buat ngenalin buah2an dl krn menurutnya kl dikenalin sm rasa2 yg ga menarik kyk sayuran atau serelia takutnya bayi jd ga suka makan. Oke deh, buah2an dulu ya sayang..

Angga mo maem apa? pisang dulu ato pepaya dulu?

Yup, pisang ambon yg saya beli dari carrefour jd pilihan pertama maemnya Angga. Saya kupas dan potong trus dimasukiin ke blender. Tentu saja bagian tengah pisang yg ada item2nya ga saya masukin krn dari yg saya baca bisa bikin bayi sembelit. Pisang kl diblender ternyata warnanya jd coklat. Rasanya juga manis. Mudah2an jagoan kecilku suka dan lahap. Bismillah. Gak disangka Angga ternyata excited sekali waktu disuapin pertama kali. Bibir dan lidahnya gerak2 kyk pisang ini something weird yg masuk ke mulutnya. Setelah dicicip dan dimainin mulutnya Angga mbuka lagi nandain kl minta disuapin lg. Yes, anakku suka. Entah sudah beberapa sendok saya nyuapin Angga, yg pasti dia menikmati sekali maem pertamanya ini. Saya sebenernya udah beli beberapa slabber tapi entah kenapa yg pertama ini saya malah lupa masangin. Jadilah mulai dari leher sampe bajunya angga belepotan noda kecoklatan si pisang. Tapi gpp, yg penting Angga mau maem dan acara maemnya ga seperti yg saya takutin, he enjoyed it. Tadinya saya nyuapin Angga pake botol sendok Nuby yg dibeli suami di Mothercare. Botol sendoknya lembut krn berbahan silikon, cocok sekali buat bayi. Angga sih suka pake itu tp sayanya yg kesusahan krn jd gak bisa mengatur kapan mesti mencetin si botol dan tenaga mencetnya sebesar apa, kl terlalu lemah yg keluar sedikit dan Angga pun mulai teriak ga sabar, kl terlalu kuat mencetnya yg keluar jd banyak dan sama Angga malah makanannya dijadiin maenan. Ya sudahlah pake mangkok dan sendok biasa aja hihihi..

Sorenya saya bikinin Angga Puree Pepaya. Pepaya Taiwan (versi Mbak Ir, pengasuhnya Angga) dipotong kotak2 trus diblender. Dikasi ASIP sedikit supaya gak terlalu kental. Lagi2 Angga suka dan lgs ngabisin jatahnya. Oh anakku, pinter sekali kamu, gak percuma mama bela2in malem2 belanja ke Carrefour sendiri  trus bawa buah2an berat sampe kelupaan ninggalin kantong Pepaya California di taksi. Jadi pas di rumah saya baru sadar kl ada yg ketinggalan, si Pepaya California. Karena gak mungkin balik lg ke Carrefour jadilah pepaya pertama Angga adalah pepaya yg biasa dibeli si mbak buat saya dari Kakek Penjual Pepaya yg beberapa hari sekali lewat di depan rumah. Kata Mbak Ir, “ya gapapa Mbak Ida, ini juga kan bagus pepayanya, Pepaya Taiwan..” Oh, baiklaahh!

Perkembangan Angga selama 6 bulan ini

1. Udah ahli guling2. Huh, semenjak bisa tengkurap apalagi guling2, pekerjaan yg bener2 nguji kesabaran saya apalagi kl bukan mandiin Angga or pas Angga pup. Gak pernah mau diem telentang. Kl pas mandi, Angga pasti muter2 dulu sambil gigitin perlak pink nya sementara saya akan teriak2 sambil megangin sabun, “Anggaaaa!” atau pas mbersihin Angga yg habis pup, 15 menitan ada kali, fiuuuhhh *ngelap keringat*

2. Udah bisa berinteraksi. Angga, setiap kami pulang dari kantor, selalu loncat2 di gendongan Mbak Ir sambil ketawa2, minta digendong dan ngajak main. Duh nak kl ngeliat senyummu, mama papa jd gak berasa capeknya. Diajak maen cilukba ato tepok2 nyamuk pasti akan ketawa kegirangan, senang sekali mendengar suara tawanya.

3. Udah bisa protes. Pernah di suatu pagi, saking buru2nya baik saya atau suami gak sempet ngajak maen Angga atau mengendongnya. Alhasil sepanjang hari menurut cerita Mbak Ir, Angga bad mood, manyun2 dan keliatan gak hepi. Mungkin itu tanda protesnya kepada kami krn mengabaikan dia pagi tadi. Semenjak itu meskipun sebentar saya pasti nyempetin nggendong Angga dl di depan rmh sebelum brgkt ngantor. Alhamdulillah so far blm pernah dipipisin Angga baju kantor saya, beda sama suami yg udah beberapa kali dipipisin pdhl udah pake kemeja kantor, kasian kamu pa wkwkwkwk..

4. Udah bisa berenang. Meski pake nekring tp Angga senang sekali berenang. Saking senangnya semua bagian dari baby poolnya sudah pernah merasakan terjangan kakinya Angga. Ya memang sih baby poolnya gak terlalu lebar, 105×105, dan Angga yg agresif kyknya jd terpusing2 sendiri krn yg dilewatinya itu lagi itu lagi hihihi..

5. Senang sekali difoto. Entah sejak kapan tp Angga sangat antusias sekali kl melihat saya atau suami memegang kamera, baik kamera beneran atau kamera hp. Perhatiannya akan segera teralihkan seketika manakala melihat sorot blitz kamera. Makanya jd agak susah ndapetin foto Angga yg candid version, ya krn itu td, camera detectornya Angga kuat banget, denger suara klik2 dikit lgs wajah polosnya dipampangin ngadep kamera. Ada enaknya jg sih, kl pas lg maem dan dia agak rewel tinggal bilang “papaaa… kamera!“. Langsung deh suami saya sigap jd tukang foto dadakan demi melancarkan prosesi maemnya si ganteng hahaha

6. Berat Angga udah 7,4 kg dan panjang 66 cm. Memang untuk ukuran bayi, angga tidak tergolong gendut. Saya sih maklum aja krn papa mamanya jg gak gendut, saya apalagi, persis kyk sapatuh, model iklan berbaju merah yg produk susu body slim yg sukses melintasi 2 kursi sempit dengan perut aduhai *mimpi.com*

Well, having baby is trully amazing thing that i’ve ever had.  Angga, Mommy and daddy will always love, support, and give the best for you. Muah muah!

Hmmmm... lezato bikinan mamaku..

yippiiee!! mengarungi luasnya kolam setelah dipompa papa for about 1,5 hrs!

Si ganteng yg bikin mama ngelap keringat krn hobi guling2

3 thoughts on “Angga 6 Bulan

  1. cobain renang di kolam beneran Da..
    adin waktu itu diajak renang di kolam beneran terak2 kesenengan

    Adin pertama berenang di kolam massal umur brp Ald?
    Angga mo kuajak ke kolam deket rumah msh was2 sm kualitas airnya.

  2. Tebak tebakan….update barunya nanti pas Angga 1tahun

    Heeehhh..
    *merasa tertantang untuk segera menulis*

  3. halow dd angga.. lucuna kamu..
    salam dr kk faris..🙂

    Halooooww Kakak Faris..
    udah gede pastinya.. kapan kt maen balap2an hihihii

Leave a Reply

