Dijewer…

Semalam saat saya baru keluar dari pagar rumah krn mo makan bareng si mas, saya dikagetkan dgn kemunculan tiba2 seorang bapak separuh baya yang menyodorkan kotak makanannya ke saya.

mbak.. tolong.. beri saya nasi buat makan besok.. saya cuma butuh nasi mbak..

I was shocked!

Shock krn barusan saya membuang nasi yg udah saya masak dr pagi tapi krn mood makan saya lg ga jelas akhirnya si nasi terbuang ke tong sampah. Dan parahnya lg hal ini juga saya lakuin kemaren. Ga cuman nasi, saya juga sering membuang buah potong yg udah saya siapin buat ngemil di kantor tp krn keasikan kerja lupa dimakan, trus saya juga sering membuang roti atau kue (pada dasarnya saya kurang suka makanan sejenis roti atau kue tp tiap ada jatah dr kantor, entah dibawain vendor atau rapat, saya selalu ga mo kalah ikutan ngambil, hah dasar!)

Duh Gusti..

Disaat org laen kelaparan, saya malah membuang2 makanan..

Si Bapak yg tb2 menghampiri ini, membuat saya merasa bersalah sekali. Untungnya si mas sigap dan lgs ngeluarin uang dr dompetnya buat si Bapak.

Terimakasih mas mbak.. uangnya bisa saya pake buat makan 5 hari.. mudah2an rejekinya dibanyakin..

si Bapak bahkan tetep ngikutin kami sampe ke depan gang sambil tak henti2nya ngucapin terimakasih.

Ya Allah, mudah2an ga ada lg org kesusahan dan kelaparan di dunia ini..

Allah bnr2 sayang dengan saya. Dia selalu ngingetin saya dengan berbagai cara. Di saat saya tanpa perasaan berdosa membuang2 makanan, dikirimkanlah seorang papa, seseorang yg ga mampu bahkan untuk membeli nasi putih. Sepintas saya liat org ini tidak seperti pengemis, badannya masih sehat, barangkali ia terlalu lelah mencari sesuap nasi sehingga terpaksa meminta2, saya tidak tahu. Atau barangkali ia malaikat yg menyamar, yg dikirim oleh Allah untuk ngingetin saya. Wallahualam.

28 thoughts on “Dijewer…

  1. manusia memang makhluk yang lemah (dhaif)
    dan cenderung berpikir jangka pendek (‘ajalah)
    pdhl demi safety dlm kehidupan jangka panjang (akhirat)
    mestinya kita sll melakukan investasi pahala
    salah satunya dgn senantiasa mensyukuri nikmat,
    berempati serta peduli pada kaum dhuafa
    btw, piye kabare adinda

    betul Bang Mike..
    saya salah satunya hehe
    mudah2an jeweran semalem bikin saya lebih baik lg. Amin.

    Makasih Bang Mike msh maen kesini..
    saya jarang bs jalan2 di dunia maya krn sibuk sekali, mudah2an pertemanan kt msh berjalan ya Bang🙂

    salam dr Jakarta..
    oh iya, sukses buat kampanyenya yaaa.. mudah2an berlangsung lancar dan sukses!

  2. ntar kalo ada pembagian kue lagi dari vendor, jangan dibuang, Da. Kirim kenisi aje ye…🙂 Dikantorku kalo siang-siang gini banyak orang-orang papa pada kelaparan…hahahaha…
    Btw, dulu kalau kami datang datang dan makan dirumah kakek, beliau selalu nyiapin jarum atau peniti. Setiap butir nasi yang kita jatuhin sengaja pa nggak musti dikutip pake jarum ntu, dikumpulin ke piring lain untuk dikasih ke ayam, nggak boleh dibuang. Kalau ada yang ketahuan nyisain makanan, beliau bakal murka deh…
    So, mari kita syukuri apa yang kita dapatin hari ini, mungkin esok nggak akan kita dapati lagi.

    Nah itu mbak..
    Dulu waktu msh belum kerja alias msh tinggal sm ortu, kl ga ngabisin makanan saya selalu teringat filmnya si Unyil yg episode nasi menangis.. selalu ada beban moral setiap ga ngabisin makanan, ya nasinya bakalan menangis la, yg nantinya kl di akhirat ga ada makanan yg bakalan ndeketin saya la..
    lha skrg, semenjak bisa cari duit sendiri? pfuhhh..

    btw ongkos kirim ke sana mahal mbak hehehe 😆

  3. *datang lagi*

    Bah ternyata komen ku panjang banget. Maaf ya, Da…🙂

    whahaha Mbak Dewi nih bisa aja..
    gpp kok mbak.. komennya menyejukkan hati hehehe

  4. Ida, kadang kita lupa masih banyak orang yang kesulitan, bahkan untuk makan saja kadang berhutang.
    Syukurlah kalau kita diingatkan…
    Btw, kadang saya juga sedih kalau ada makanan yang tak termakan….makanya sering males masak, apalagi sehari-hari cuma berdua dengan si mbak.

    ga tau ya Bu, saya kok sering banget buang makanan, semangatnya hanya di depan..
    tapi alhamdulillah skrg perlahan saya udah mulai ngurangin ‘semangat’ yg di depan itu.. belajar menahan diri..
    pernah, sepulang ngikutin seminar di hotel, sm yg nyelenggarain saya dibawain 2 kotak makanan, isinya seafood (yg notabene makanan fave saya) dan kue2… wis, langsung ta kasi ke si mbak kos, pdhl sempet terpikir untuk menyimpan di lemari es trus maemnya dicicil hehehe

  5. HHMmm …
    pelajaran untuk saya juga ini …

    jangan mengeluh terus …
    jangan belagu …
    jangan arogan …

    ada banyak orang yang tidak beruntung …

    Thanks Ida ….
    Salam saya

    halo Om!
    saya yakin kok orang ramah kayak Om ga mungkin belagu, arogan apalagi..
    nih buktinya masih mau main ke tempat saya hehehe

    thanks Om…

  6. Tetap harus bersyukur da, karena Allah mengingatkan lewat si bapak yang minta nasi. Semoga kedepannya kita bisa lebih baik lagi..amien🙂

    Amin…
    setuju In.. mudah2an Indi disana ga kayak saya ya, suka buang2 makanan hihihihi..

    Apa Kabar Melbourne say? hehehe mudah2an baik2 aja yaaaa 😉

  7. assalamu’alaikum sis….
    kemana aja, uda lama ga keliatan

    itu adalah pelajar buat kita semua
    agar selalu melihat ke bawah
    bahwa msh banyak yg membutuhkan apa yg tiap hari kt buangi
    lagian kan mubazir sis…. selalu buang makanan🙂

    Waalaikumsalam Mbak..
    hehe iya nih.. udah lama ga beredar di dunia perblogan.. sibuk..
    sibuk molor maksudnya:mrgreen:

    Tradisi buang makanan alhamdulillah udah bisa saya kurangi.. meski kdg2 godaan buat menumpuk makanan msh membara (cieee…) tp udah berkurang mbak.. numpuk yg lain aja.. numpuk harta misalnya (halah!!)..

  8. Dijewer ya sama Allah….
    Berarti Allah sangat sayang pada Ida…

    Amin..
    kadang2 saya ngerasa emang Allah sayang banget sm saya Mbak Nin..
    Ada bbrp tmn saya yg bilang kl saya termasuk org yg beruntung, kl kt saya bukan, hanya disayang sm Allah aja hehehe..

  9. berarti Allah SWT masih sayang sama km, Da… 🙂

    banget Put 🙂
    cuman ya itu.. yg disayang ini kdg2 bandelnya suka kambuh huhuhuhu..
    sholatnya suka kalah cepat sm waktu molor:mrgreen:

  10. kasih sayang dan teguran Allah selalu datang ke kita dalam bentuk yang kita gak pernah nyangka ya mbak…

    setuju Mal!! *sok akrab.com :mrgreen:

    Banyak2 bersyukur ya kl sering diingetin sm Allah 😉

  11. Terima kasih telah berbagi… kadang kita juga tidak menyadari… tanda tanda peringatan itu ada… tetapi kita abaikan…. semoga dihari mendatang kita semakin Peka….

    terimakasih kembali Pak Michael..
    amin.. mudah2an makin banyak yg peka ya..

  12. Hmmmm…. maaf baru sempat main ke rumah barumu.
    salam hangat

    gapapa kok..
    justru saya yg mesti minta maaf krn jarang sekali maen kesana 🙂

    terimakasih yaaa for visiting me 🙂

  13. bnyk jalan tuk menunjukkan kalo Allah kpd kita, tinggal bagaimana kita dlm menanggapi dan mensikapi kasih sayang yg telah Allah berikan kpd kita…

    smoga ke depan, membuang2 rizki yg telah Allah berikan kpd mbak tak terulang lg, msih bnyk org yg membutuhkan apa yg sudah tidak kita butuhkan mbak…

    tiap org emg beda2, mgkn dgn cara halus, tp ada jg yg hrs dgn cara yg kasar.. kaya’ mbak, hrus di jewer baru sadar.. he.he.he..

    salam kenal ya mbak..😉

    wakakakaka!!
    iya nih, habis bandel sayanya:mrgreen:

    hehehe thanks ya udah mampir kesini, sama nih kita, kyknya seumuran 😉

  14. terima kasih Ida anak yang baik hati,
    titipan diatas adalah untuk semua, juga pakcik yang senantiasa lalai

    Beruntung kedua orang tua Ida di anugerah Allah anak yang sebaik ini.

    Halo Pak Cik!
    senang sekali kl tulisan saya yg ga seberapa ini bisa ngingetin Pak Cik dan tmn2 yg membaca 🙂

  15. Heheee……lama nggak mampir!
    Iya sih mbak, saya juga sering begitu…………! Terharu dan merasa bersalah banget nih daku………….. :((

    mampir ga mampir yg penting masih temenan ya kita hehehe

    tulisan ini bisa bikin terharu? waduh ga nyangka e..
    makasih ya 😆

  16. Miris banget ya😦

    That’s way mamaku punya satu prinsip yang ditanemin di depan anak2nya!
    “Habiskan makanan yang ada di piringmu, ambil secukupnya kalau masih laper baru nambah”

    dan tetep aja aku masih suka bandel😛
    Thanks for remind me….

    wow mamanya mantep banget tuh prinsipnya.. ngajarin ke anak2nya biar ga greedy..
    cool!

    lho? tp Ria tetep bandel ya..
    hehehe dasarrr 😛

  17. peringatan dari-Nya datang tanpa diduga

    salam kenal yah

    salam kenal kembali Nda..

    iya setuju sekali..
    peringatan kdg jelas terlihat tapi kdg2 kita ga menyadari..
    bersyukurlah kl msh bisa ngeh jd msh sempat memperbaiki diri 😉

  18. ikut terharu….memang banyak saudara kita yang masih memerlukan uluran tangan kita.
    mari berbagi🙂

    salam kenal yaa….nama kita sama nich😀

    whaaaa iya nih.. nama kita sama.. duh senengnya saya hehehe
    salam kenal ya Ida.. *nyebut nama sendiri grogi gw :mrgreen:

    btw setuju tuh sm slogannya.. Mari BErbagi!!

  19. betul mbak Ida…masing masing kita akan dan sudah pernah diingatkan Allah dengan berbagai peristiwa…
    Moga moga kita jadi ingat,sadar…bahwa masih banyak orang yang susah disekitar kita….jadi…jangan boros2..dan bermewah mewah…begitu selalu kata teman Bunda kepada kita kita yang kadang cuma lapar mata,apa apa mau di beli..

    Setuju Bunda..
    mudah2an semakin banyak yang sadar kl di sekeliling kt msh banyak yg ga mampu jd hidupnya ga dihambur2in untuk sesuatu yg ga bermanfaat.. Amin..

  20. Assalamu’alaikum…..:)
    salam kenal….dan terimalah salam manis dari beta yg masih nyasar di ambon manise…he..he..

    Aq kdg2 jg suka buang2 makanan nih….emg klo dah kerja dan dapat penghasilan sendiri tu kita srg lupa akan hal2 seperti itu….kita emg harusnya bersyukur masih diberi kelebihan….ya..semoga aja gak kelebihan berat badan..ha..ha..

    klo sempet mampir jg di blog beta ya…:)

  21. Ass.wr.wb.. wah bagus ni mbak bagi-bagi pengalaman.. mudah2an setiap orang yang membaca pengalaman mbak menjadi tergugah untuk pandai mensyukuri segala nikmat yang telah Allah anugrahkan kepada kita..salam sukses selalu buat mbak dan mas-nya.. jangan bosan untuk selalu berbagi pengalaman yang berharga

Leave a Reply

